ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Selasa, 10 Agustus 2010

Tiga Kunci Sukses Wawancara Kerja

Tak dapat dipungkiri, sesi wawancara merupakan momen sangat mendebarkan, bahkan menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, sesi ini termasuk yang menentukan apakah Anda diterima bekerja atau sebaliknya.

Tapi, jangan langsung minder dan gugup. Dengan strategi berikut ini, Anda dapat tampil mengesankan saat diwawancara, sehingga pewawancara bisa 'jatuh cinta' pada penampilan dan peforma Anda:

1. Siapkan Mental

Dalam menghadapi situasi menegangkan saat wawancara, Anda harus bisa tenang dan relaks. Tujuannya, agar Anda tidak gugup, bingung, bisa mengontrol kalimat apa yang keluar dari mulut, dan tak ada data atau informasi tentang diri Anda yang terlupakan. Maka, siapkan mental Anda untuk sesi ini. Pastikan ketika nama dipanggil, Anda sudah siap 100%.

2. Perhatikan sikap dan kemampuan verbal Anda

Sikap dan cara bicara Anda mencerminkan karakter dan kepribadian Anda. Maka buatlah kesan positif setiap kali menjawab pertanyaan dari pewawancara. Usahakan bersikap sopan dan profesional.

Selain itu, bicaralah dengan jelas dan mantap. Jangan redam suara Anda, namun jangan pula berbicara dengan nada tinggi.

3. Siapkan data penting diri

Diterima tidaknya lamaran pekerjaan Anda, juga tergantung pada track record dan latar belakang pendidikan serta pengalaman Anda. Sebelum wawancara, pastikan semua data yang dibutuhkan, telah ada pada Anda. Buat pewawancara Anda terkesan, dengan menjawab semua yang ditanyakan dengan baik dan benar. Jangan berdusta, karena akan berakibat fatal di belakang hari.

Sumber: Vivanews.com

Tidak ada komentar: