ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Kamis, 11 November 2010

Sasaran Komunikasi Pemasaran Terpadu

Menentukan sasaran kepada kelompok konsumen memungkinkan komunikator pemasaran menyampaikan pesan mereka secara lebih tepat dan mencegah terjadinya kesiaa-kesian dalam menyampaikan pesan (message) kepada orang-orang yang di luar target pasar. Usaha segmentasi pasar yang berarti dan menguntungkan memerlukan anggota segmen yang memiliki karakteristik demografis dan gaya hidup yang serupa, supaya proses seleksi segmen sasaran menjadi efisien. Dalam menentukan segmentasi pasar terdapat tiga karakteristik konsumen yang terbagi atas karakteristik demografi, psikografi dan geodemografi.

a. Karakteristik demografi
Segmentasi demografi berfungsi dalam pengindentifikasian dan memilih segmen pasar, meramalkan penjualan produk dan pemeilihan media untuk mendapatkan target pelanggan. Penetapatan target dengan berdasarkan demografi dapat didasarkan pada
1. Pertumbuhan populasi dan penyebaran geografis.
2. perubahan struktur usia konsumen.
3. perubahan yang terjadi dalam rumah tangga konsumen seperti perubahan tingkat kemakmuran dll.
4. perkembangan populasi etnis.

b. Psikografi
Karakteristik psikografis merupakan aspek gaya hidup konsumen yang meliputi aktivitas, ketertarikan dan pendapat mereka. Dalam karakeristik psikografis diidentifikasikan kedalam delapan kategori yang meliputi:
1. Fulfillers, merupakan kelompok profeional yang matang, bertanggung jawab dan berpendidkan tinggi dan memiliki pendapatan ekonomi yang tinggi. Kelompok fulfillers ini meruapakan target pasar yang potensial bagi produk-produk kesehatan seperti makanan rendah lemah, rendah gula dll.
2. Believers, merupakan kelompok konsumen yang bersifat konservatif dan sangat mudah ditebak dalam pemilihan merek-merek yang sudah mapan.
3. Achievers, merupakan kelompok orang sukses yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan. Kelompok ini meruapakn kelompok yang meraih kepuasan terutama karena pekerjaan dan keluarga mereka. Kelompok ini merupakan target yang potensial bagi perusahaan mobil mewah, pakain kelas atas dan barang-barang mewah.
4. Strivers, kelompok ini memiliki karaktersitik yang mirip dengan kelompok Achievers hanya saja lebih rendah sedikit dibandingkan dengan kelompoh Achiever. Gaya merupakan faktor penting bagi kelompok ini sehingga berusaha meniru (imitate) orang-orang yang dikagumi.
5. Experiencers, merupakan kelompok orang yang suka berpetualang dan mengeluarkan biaya yang besar bagi pakaian, makanan cepat saji dll.
6. Makers, merupakan kelompok konsumen yang bersifat praktis dan berfokus pada keluarga, pekerjaan dan rekreasi fisik.
7. Strugglers, merupakan kelompok konsumen yang berpendapatan paling rendah dang sumber daya paling minim. Pada umumumnya mereka merupakan kelompok konsumen yang loyal terhadap suatu merek yang sesuai dengan kemampuannya.
8. Actualizers, Merupakan kelompok yang memiliki tingkat pendapatan yang tinggi dan self-esteem yang tinggi dan sumber daya yang meilmpah. Kelompok ini merepresentasikan pasar yang potensial bagi perusahaan-perusahaan kelas atas seperti mobil mewah, kapal pesiar dll.

c. Geodemografi
Geodemografi merupakan kombinasi dari gaya hidup konsumen dalam kelompok geografis dengan karakteristik demografis. Karakteristik geodemografi bertolak pada landasan geodemograpic targeting yang mana berpikiran bahwa orang-orang yang menetap di suatu daerah yang sama. Melalui mengenali tempat tinggal dapat memberikan infoemasi tentang marketplace behavior mereka secara umum.
Contoh: baju hangat dan tebal akan sangat cocok untuk orang yang tinggal di daerah dingin sedangkan baju-baju tipis sangat cocok untuk orang di daerah yang panas dll.

Tidak ada komentar: