ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Senin, 15 November 2010

Kerja Lembur, Bikin Gemuk !

Bagi Anda yang sering lembur, biasanya jadwal makan menjadi berantakan. Apalagi, bekerja sambil mengunyah snack, seperti keripik, cokelat, dan minum kopi menjadi kebiasaan yang tak bisa dihindari. Di tambah lagi, kebiasaan ngemil ini dilanjutkan dengan makan malam makanan siap saji, karena tidak mau repot, dan tidak buang-buang waktu.

Kebiasaan pola makan buruk ini memiliki dampak negatif pada kesehatan perut. Risikonya dua kali lebih besar terserang penyakit susah buang air besar, perut panas dan luka pada lambung. Karena itu, ubah kebiasaan buruk ini dari sekarang.

1.Kebiasaan : Makan malam di atas pukul 7 malam. Makanan yang disantap biasanya fast food atau junk food. Seperti, nasi goreng kambing, sate padang, dan mi instan.
Solusi: Jika Anda sudah menyadari jam makan bisa tergeser dari jadwal normal, sebaiknya siapkan makanan atau bahan makanan dari rumah. Toh, sebelum pukul 7 malam, Anda bisa mencuri waktu 15 menit untuk makan malam di pantry.

Misalnya, Anda bisa menyiapkan setangkup roti gandum yang dilapisi potongan telur rebus atau potongan daging asap. Lengkap dengan irisan daun selada atau ketimun. Agar lebih nikmat bisa ditambahkan mayonaise rendah lemak.

Bila Anda bukan tipe orang yang hobi membawa bekal dari rumah, jangan bingung. Sebagai lauk, Anda bisa membeli sepotong ayam atau ikan panggang. Suguhkan dengan setangkup nasi hangat porsi kecil. Hindari makanan bersantan dan gorengan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Tapi, bila Anda harus bekerja hingga tengah malam, pilihlah makanan yang mengandung lebih banyak protein dibandingkan nasi atau sejenisnya. Protein bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Singkirkan juga keinginan untuk mencoret makan malam karena sibuk atau capek. Karena biasanya hal inilah yang menyebabkan Anda justru ngemil sembarang makanan di tengah malam.

2. Kebiasaan: jarang minum air putih. Sebagai gantinya, minum kopi lebih dari satu gelas sebagai ’doping’.
Solusi: letakkan sebotol besar air putih di atas meja kerja. Jadi, selama lembur dan shift malam, Anda tidak tidak iseng mengicip-icip camilan. Minumlah segelas air putih apabila rasa lapar menyerang. Bila Anda minum secangkir kopi maka asupan air putih harus ditambah sebanyak 2 gelas .

3. Kebiasaan: bekerja sambil mengudap snack praktis, seperti keripik, biskuit, wafer dan cokelat.
Solusi: Metabolisme tubuh mulai menurun apabila perut kosong selama lima jam. Sebaiknya sediakan snack sehat di tas kerja. Misalnya buah-buahan seperti apel, jeruk dan sroberi. Bila ingin sedikit variasi potongan buah apel bisa dikombinasi dengan segelas yogurt non fat.

4. Kebiasaan: jarang bergerak, dan hanya duduk di depan komputer.
Solusi: Perbanyak aktivitas bergerak di kantor, seperti dengan menggunakan tangga dari lift atau memfotokopi surat – surat sendiri daripada menyuruh office boy. Di ruang atau lemari kerja, simpanlah sepasang dumbell. Jadi kalau sedang mumet dengan kerjaan, Anda bisa rekreasi otak dengan melakukan gerakan fitnes ringan.

Sumber: VIVAnews.

Tidak ada komentar: