ALOHA

Blog ini berisi tentang warna-warni kehidupan yang mencakup semua aspek hidup manusia seperti iman, realitas hidup, sains, masalah-masalah sosial dan sastra.

Kamis, 11 November 2010

ADVERTISING (PERIKLANAN)

Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Dalam pemasaran (marketing) iklan selalu dikaitkan dengan nama produk atau layanan dan bagaimana produk atau layanan itu bisa bermanfaat bagi pembeli, sehingga iklan berusaha untuk mengajak calon pembeli potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.

Dalam perencanaan periklanan terdapat tiga elemen penting yaitu:
a. Pesan (message), merupakan sesuatu yang diberitakan (disampaikan)
b. Media (media), berbicara tentang bagaimana pesan itu disampaikan kepada publik.
c. Waktu (timing), tentang kapan pesan itu disampaikan dengan tepat.
Sehingga dalam iklan mencakup tentang penyampaian pesan-pesan melalui media kepada publik pada waktu yang sudah diperhitungkan.

Secara umum perklanan dalam pemasaran dapat diuraikan ke dalam lima fungsi yang meliputi:
a. Memberikan informasi.( informative function)
Periklanan bermanfaat untuk memberikan keterangan-keterangan tentang produk yang ditawarkan, agar konsumen mengetahui lebih mendalam tentang kegunaan, kualitas, waktu, tempat dimana produk harus dibeli.
b. Membujuk atau mempengaruhi (persuasive function)
Dalam hal ini advertising berfungsi sebagai alat untuk membujuk atau mempengaruhi konsumen sehingga mereka tertarik terhadap produk yang ditawarkan, dengan jalan bahwa produk tersebut adalah lebih baik daripada produk pesaing.
c. Menciptakan kesan. (create the impression)
Kadang-kadang dalam melaksanakan pembelian suatu barang, seorang pembeli tidak dilandasi pertimbangan yang rasional atau memperhatikan nilaii ekonomis tetapi lebih terdorong oleh hal-hal yang tidak rasional. Dalam keadaan ini maka advertising akan sangat bermanfaat untuk menciptakan kesan terhadap produk yang ditawarkan.
d. Memuaskan keinginan
Pembelian terhadap suatu barang atau produk seringkali meimbulkan rasa kurang puas, karena produk yang dibeli kurang sesuai dengan yang diinginkan. Dalam keadaan yang demikian maka perikalanan dapat membantu, karena biasanya iklan memberikan keterangan-keterangan mengenai produk yang ditawarkan, sehingga konsumen bisa lebih mengetahui produk yang akan dibelinya. Dengan pengetahuan tersebut, maka mereka dapat mempertimbangkan produk apa yang akan dibeli, sehingga mereka akan puas terhadap produk yang dibelinya.
e. Sebagai alat komunikasi.
Dalam hal ini periklanan berfungsi sebagai alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Sehingga keinginan mereka dapat melakukan pertukaran yang saling memuaskan.
Periklanan memiliki dua sudut pandang yaitu sudut pandang perusahaan dan sudut pandang konsumen. Dipandang dari sudut pandang perusahaan, iklan bertujuan untuk:
a. Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
b. Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
c. Meyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.
Sedangkan dari sudut pandang konsumen, iklan dipandang sebagai suatu media me-nyedia informasi tentang kemampuan, harga, fungsi produk maupun atribut lainnya yang berkaitan dengan suatu produk.

Contoh Kasus:
Iklan sabun kecantikan Lux, meskipun sabun mandi ini termasuk sabun yang tergolong murah tetapi memiliki kesan yang mewah dan glamour. Target pasar dari iklan ini adalah perempuan muda rentang umur 20 sampai 30an tahun. Sehingga iklan yang ditayangkan harus memberikan citra yang demikian. Strategi iklan yang harus dilakukan menggunakan image perempuan cantik yang berusia duapuluhan tahun. Iklan harus disampaikan secara berkesinambungan sehingga terus mengingatkan pada calon konsumen. Bintang iklan yang dipakai haruslah orang yang dikenal secara luas, dalam kasus sabun mandi Lux ini menggunakan Bintang terkenal Luna Maya. Ketika artis ini terdapat masalah maka akan sangat berpengaruh pada penjualan, sehingga perlu segera mengganti ikon dalam iklan ini. Iklan sangat berpengaruh dalam menanamkan suatu merek kepada khalayak sehingga selain bersifat informatif juga bersifat persuasif