ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Selasa, 23 November 2010

Kekuatan Kata-Kata

Amsal 18:21 mengatakan, “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya”. Hal yang serupa disampaikan oleh Yakobus, “Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi” (Yak. 3:9-10).

Kata-kata memang sesuatu yang sangat luar biasa, hanya dengan kata-kata seseorang bisa mengubah hidupnya. Kekuatan kata-kata memang begitu hebat, dari seseorang yang biasa saja bisa menjadi seseorang yang luar biasa hanya dengan kata-kata. Banyak orang sukses yang hanya mengandalkan kekuatan kata-kata untuk menjadikan hidupnya sukses.

Untuk bisa menjadikan kata-kata menjadi sesuatu yang luar biasa bagi kita dan bisa merubah hidup kita menjadi lebih baik kita perlu pandai dalam merangkai kata. Selain itu kita perlu untuk belajar memilih kata-kata yang baik. Kita juga tidak bisa memakai kata-kata yang tidak baik dalam perjalanan merubah hidup kita menjadi lebih baik.

Banyak yang bisa dilakukan oleh kata-kata. Seseorang yang sedang putus asa maupun sedang dilanda kesulitan dalam hidupnya bisa bangkit kembali dan bisa keluar dari masalahnya hanya dengan kata-kata dari diri sendiri maupun orang lain. Jika memang kita bisa merangkai kata-kata yang baik bagi diri kita sendiri maka kita tidak perlu mendengarkan kata-kata orang lain, kita bisa memotivasi diri kita sendiri dengan perkataan dari diri kita sendiri.

Kata-kata yang diucapkan oleh orang lain pada kita seharusnya juga patut kita dengarkan. Jika baik dengarkanlah dan resapi tetapi jika jelek buang saja kata-kata itu jauh dari pikiran kita. Seorang motivator hanya membutuhkan kata-kata untuk bisa membuat orang lain menjadi lebih bersemangat dalam hidup, menjadikan orang yang sedang menyerah kembali bangkit, menjadikan orang biasa menjadi luar biasa, serta mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik.

Jika memang kita tidak selalu bisa mendengarkan kata-kata dari para motivator yang membangkitkan semangat hidup kita yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita bisa menjadi motivator bagi diri kita sendiri. hal itu jauh lebih baik karena setiap saat kita bisa membangkitkan semangat diri kita sendiri saat kita sedang malas menjalani hidup.

Kita hanya perlu pandai dalam merangkai dan memilih kata-kata yang baik bagi kita dan yang dapat memotivasi bagi kita. Dengan begitu hanya dengan kata-kata kita bisa hidup lebih baik karena kita bisa bersemangat karenanya, kita bisa bekerja keras karenanya, dan bahkan kita bisa merubah hidup orang lain menjadi lebih baik. Jadi pergunakanlah kata-kata dengan baik dan lebih baik lagi jika kita mempergunakannya untuk merubah hidup diri kita sendiri dan orang lain menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: