ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Rabu, 08 Desember 2010

INVESTOR RELATIONS

Investor relations merupakan A department within a public company that distributes information about the company and its financial performance to existing and potential shareholders. Investor relations ini muncul di dalam korporat yang mencari sumber keuangan dari para investor melaui penjualan saham. Oleh karena itu dalam investor telations memberika data-data keuangan perusahaan sampai dengan detail-detail kegiatan yang lakukan oleh korporat. Oleh karena itu investor relations dapat dikatakan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk membangun hubungan dengan para investor melalui penyampain data-data yang berisi rekam jejak perusahaan sehingga investor tertarik untuk menanamkan modalnya kepada perusahaan.

Investor relations merupakan bagian dari kegiatan Public Relations yang sering juga disebut dengan financial relations dalam Investor Relations memiliki tugas sebagai berikut :
1. Mengikuti perkembangan bursa saham.
2. Menyediakan informasi mengenai kondisi perusahaan kepada masyarakat keuangan (investor, analis serta media massa).
3. Memberikan saran kepada manajemen terkait dengan saham perusahaan.
4. Memberikan jawaban terhadap berbagai pertanyaan bidang keuangan.

Melihat pentingya dalam kegiatan investor relation di atas maka orang-orang yang menangani kegiatan harus memiliki pengetahuan tentang perkembangan pasar, perkembangan saham dan informasi yang penting yang dapat menarik minat para investor. Dalam kegiatan investor relation ini perlu kejelian dalam menyajikan data-data yang disampaikan agar dapat menjaring investor menanamkan modanya, tentunya perlu mencantumkan kegiatan-kegiatan perusahaan yang dapat menunjukkan reputasi perusahaan.

Pada dasarnya investor relations ini merupakan usaha yang dilakukan oleh korporat dalam menjaga hubungan dengan investor melalui menyampaikan informasi keadaan keuangan perusahaan sehingga investor yang lama tetap percaya kepada perusahaan dan juga upaya untuk menjaring investor baru masuk.

Studi Kasus

Studi kasus yang akan dipaparkan masih seputar Bank BCA karena bank BCA merupakan bank publik yang mencari modal dari para investor yang menanamkan modalnya kepada pihak Bank BCA. Perkembangan teknologi informasi saat ini membuat Bank BCA harus mengikuti perkembangan ini.

Hubungan dengan investor dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi yaitu melalui website BCA. Dalam website BCA dicantumkan tentang ringkasan keuangan, laporan tahunan keuangan, laporan keuangan per kuartal, laporan investor, laporan rapat pemegang saham, info saham dan kepemilikan saham perusahaan. Data yang disampaikan melalui website dapat diakses secara luas dan dapat menggambarkan keadaan perusahaan, sehingga dapat meyakinkan investor yang akan menanamkan modal.

Tidak ada komentar: