ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Jumat, 04 Juni 2010

Usir Bad Mood dengan Makanan

SERING bad mood? Cobalah memperhatikan asupan makanan Anda. Asupan nutrisi juga turut memengaruhi suasana hati. Untuk membantu Anda mendongkrak mood, berikut beberapa pilihan makanan yang bisa Anda padukan ke dalam diet sehari-hari.



Ayam dan kalkun

Makanan sumber protein rendah lemak ini kaya akan asam amino yang dikenal dengan tirosin. Asam amino ini bekerja meningkatkan kadar zat kimia otak dopamine dan nor-epinephrine. Kedua zat kimia ini bertanggung jawab mengolah motivasi dan waktu reaksi Anda.

Selain itu, tirosin meningkatkan kadar energi dan membantu tubuh mengontrol stres. Studi-studi, seperti dikutip situs lilomag.com, menunjukkan, tirosin bisa membantu mengatasi depresi. Temuan-temuan pendahuluan mengindikasikan manfaat sehat tirosin, bersamaan dengan asam amino lainnya, pada penderita kepikunan.

Karena perannya sebagai prekursor nor-epinephrine dan epinephrine (dua hormon utama tubuh terkait stres), tirosin juga membantu meredakan efek merugikan dari lingkungan, psikososial dan stres fisik.



Cabai merah

Capsaicin, kandungan alami dalam cabai, menstimulasi ujung saraf mulut, sehingga menghasilkan sensasi terbakar. Sebagai responnya, otak akan melepaskan endorfin, penghilang sakit alami yang menghasilkan rasa senang sementara. Jadi, semakin banyak Anda mengonsumsi cabai, efek menenangkannya juga akan semakin besar.



Pisang

Pisang menawarkan efek pembangkit mood dengan paduan vitamin B6, A dan C, serat, triptofan, kalium, fosfor, besi, protein dan karbohidrat sehat. Dengan mengonsumsi sebuah pisang, Anda akan mendapatkan energi cepat dari kandungan fruktosa dan energi berkelanjutan dari serat. Hal ini membantu mencegah naik-turunnya gula darah serta penurunan energi dan mood. Karbohidrat membantu penyerapan tirptofan dalam otak, dan vitamin B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin pembangkit mood.

Selain itu, pisang juga kaya kalium. Meskipun tidak berkaitan langsung dengan mood, kalium sangat diperlukan untuk mengatur kadar cairan dan menjaga agar otot tetap bekerja dengan benar, yang membuat Anda merasa lebih berenergi. Di samping itu, pisang juga menawarkan besi, yang sangat penting untuk memproduksi energi dan melawan keletihan.



Cokelat

Cokelat mengandung berbagai komponen yang diyakini bekerja mengubah biokimia otak dengan cara postif. Cokelat mengandung triptofan, prekursor serotonin, yang berperan penting dalam mengangkat mood. Sebagian besar obat antidepresi yang diresepkan juga bekerja meningkatkan kadar serotonin. Selain memperbaiki mood, cokelat juga bekerja meredakan kecemasan. Efek ini berasal dari kandunagn GABA, sebuah protein yang mempunyai efek menenangkan suasana hati.



Sereal

Sereal juga bisa membantu meredakan depresi. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menemukan, orang-orang yang memiliki kadar nutrisi rendah mengalami lebih banyak gejala depresi. Selain itu, kekurangan asam folat bisa menghambat kerja obat antidepresi. Anda bisa mengatasi masalah kekurangan nutrisi ini dengan mengonsumsi semangkuk sereal kaya besi dan vitamin setiap pagi.


Sumber: Media Indonesia

Tidak ada komentar: