ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Selasa, 04 Januari 2011

KOMUNIKASI KORPORASI GLOBAL


Komunikasi korporasi global merupakan kegiatan korporat dalam mengorganisakan seluruh kegiatan komunikasi secara global. Littlejohn (1997:234-240) menjelaskan komunikasi korporat global sebagai The Information approach centers on the ways people acumulate an organize informations about some, object, situation, or idea, to form attitude toward a concept”. (organisasi mengakumulasikan dan mengorganisasikan informasi yang diperolehnya tentang sekelompok orang, objek, situasi atau ide-ide untuk membentuk sikap yang sesuai dengan konsep yang terbentuk dari hasil penerimaan informasi tersebut).

Dalam komunikasi korporat global tercakup dua jenis komunikasi yaitu komunikasi korporat secara internal yang meliputi komunikasi karyawan komunikasi secara vertikal maupun komunikasi secara horizontal. Komunikasi korporat juga mencakup kegiatan komunikasi secara eksternal yang mana meliputi komunikasi antara korporat dengan stakesholders  yang terdiri atas hubungan komunitas (community relations) , hubungan dengan media (media relations), hubungan dengan investor (investor relations)  maupun dengan pemerintahan (government relations).


Komunikasi korporat global ini merupakan tugas yang penting yang harus dikerjakan oleh public relations dalam menciptakan dan menjaga reputasi perusahaan. Komunikasi korporasi global secara internal maupun secara ekternal merupakan faktor penting bagi pembentukkan reputasi perusahaan oleh karena itu keduanya harus diberikan porsi yang seimbang, komunikasi internal yang tidak sehata akan mengakibatkan kinerja karyawan tidak berjalan dengan baik sedangkan komunikasi korporat secara eksternal yang jelek juga akan menghancurkan reputasi perusahaan. Komunikasi korporasi global harus dilaksanakan secara seimbang , karena bila komunikasi hanya menekankan pada salah satu aspek maka komunikasi korporasi akan berjalan tidak sehat sehingga akan menjadi boomerang bagi korporat itu sendiri.

Sebagai contoh komunikasi internal yang meliputi komunikasi karyawan tidak berlangsung dengan baik akan menimbulkan keresahan dan ketidak pastian di dalam karyawan sehingga akan  menimbulkan desas desus yang akan menggerogoti korporasi. Sedangkan komunikasi eksternal yang tidak baik misalnya hubungan dengan media tidak terjalin dengan baik maka korporasi akan menjadi bulan-bulanan media yang bila berlangsung secara berlarut-larut akan menghancurkan reputasi korporasi dimata stakeholder.

Contoh Kasus:

Peluncuran Bus Hibrida Oleh IC bus melalui kampanye Sekolah Paling Hijau di Amerika
Polusi dan kemacetan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam lingkutangan perkotaan. Masalah ini menjadi permasalahan yang sangat pelik dan susah untuk dipecahkan. Permasalahan yang cukup pelik ini dicoba dipecahkan oleh sebuah perusahaan IC bus di Amerika. Perusahaan ini berusaha menciptakan bus ramah lingkungan yaitu bus sekolah hibrida yang hemat energi dan dapat mencegah membesarnya pemanasan global.
Perusahaan (IC Bus) bekerja sama dengan Ketchum, partner Fortune Public Relation dalam melakukan edukasi kepada orang tua, anak dan guru akan pentingnya naik bus hebrida. Dalam mensosialisasikan bus hibriba yang ramah lingkungan ini IC Bus mengadakan kampanye dengan tema Sekolah Paling Hijau di Amerika.  Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah anak yang naik bus sekolah hibrida, dan tidak lagi naik kendaraan pribadi atau bus sekolah yang boros energi.

Pengamatan yang dilakukan oleh IC Bus ini mendapatkan bahwa kelompok ibu prihatin atas dampak pemanasan global, karena takut akan dampaknya terhadap kesehatan keluarga. Ibu-ibu juga gencar mengkampanyekan keprihatinan ini di sekolah. Dalam kampanye ini IC Bus menggandeng penulis buku Tarra Wellington sebagai campign ambassador. Pengamatan ini ini juga menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Amerika memiliki keprihatinan yang sama terhadap dampak pemanasan global. 

Riset American Association of School Administrators menyatakan bahwa mereka sedang berfikir untuk menurunkan atau menghilangkan transportasi sekolah. Bus sekolah yang ramah lingkungan diperlukan dalam penjemputan siswa-siswa sekolah.Melalui pengamatan dan data yang diperolah akhirnya IC Bus memutuskan untuk mengadakan kampanye dengan mendakan lomba penulisan essy tentang gaya hidup ramah lingkungan melalui website americasgreenestschool.com. kampanye dilakukan selama enam bulan secara online. Setiap guru yang terlibat dalam penulisan essay dan siswa yang menang mendapatkan hadiah untuk menyukseskan kampanye. 

Dalam mengkampanyekan program ramah lingkungan ini pihak IC Bus melibatkan beragai pihak baik dalam perusahaan sendiri maupun dari pihak-pihak luar. Dari dalam tentunya para karyawan menggunakan transportasi bus ramah lingkungan ini sehingga mereka dapat mendukung progaram bus hibrid ini. Pihak IC Bus juga menggandeng Kethum PR untuk mengadakan kampanye, Pihak IC Bus juga menggandeng penulis buku yang konsen terhadap masalah lingkungan untyuk mendukung kampanye. IC Bus juga memanfaatkan teknologi, internet untuk mengadakan kegiatan yang dapat membantu dalam menyukseskan peluncuran bus Hibrida ini. 

Melalui kampanye yang melibatkan semua jenis komponen sebagai stretagi komunikasi korporat global yang meilibatkan komunikasi internal maupun eksternal ini membentuk simpati masyarakat di amerika akan perlunya bus hibrida ramah lingkungan bagi sekolah-sekolah. Ketika simpati masyarakat ini terbentuk maka peluncuran bus hibrida oleh IC Bus ini dapat berjalan dengan mulus.

Tidak ada komentar: