ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Kamis, 29 Juli 2010

Tertawa Bantu Perbaiki Fungsi Pembuluh Darah

Ingin tubuh tetap sehat dan jauh dari stres? Kalau begitu mulai sekarang Anda jangan pelit tertawa. Pasalnya, para ahli kedokteran dari Universitas Maryland, AS, baru-baru ini mengungkapkan bahwa tertawa ternyata ampuh membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Penelitian yang dipimpin oleh Michael Miller, yang juga merupakan seorang kardiolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland ini melibatkan 10 perempuan dan 10 laki-laki. Kemudian responden dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang terdiri dari responden perempuan diharuskan menonton film yang telah disediakan, yaitu film komedi. Sedangkan responden lainnya harus menonton film horor. Masing-masing film berdurasi 15 menit.

Sebelum dan setelah menonton film ini, para peneliti memberi tekanan pada brachial artery (pembuluh darah yang berhubungan dengan tangan) kemudian mengukur seberapa cepat pembuluh itu kembali ke bentuk normal. Untuk diketahui, pembuluh darah yang sehat dapat dengan mudah mengembang setelah mengerut.

Hasilnya, film komedi ternyata memiliki efek yang lebih menguntungkan. Responden pertama, yaitu yang menonton film komedi bisa tertawa lepas dan bahagia pembuluh darahnya mengembang 22 persen lebih cepat ketimbang biasanya. Namun sebaliknya, responden yang menonton film horor, pembuluh darahnya justru mengembang 35 persen lebih lambat. '

Menurut Michael studi ini membuktikan bahwa tertawa memberi pengaruh yang besar pada tubuh manusia. Itu sebabnya Michael menganjurkan jika Anda ingin memiliki tubuh yang senantiasa sehat maka usahakan sebanyak mungkin tertawa lepas, bahkan kalau mungkin sampai terbahak-bahak. ''Saya juga anjurkan agar Anda lebih sering menonton film-film lucu atau mencari situasi yang membuat hati mereka senang,'' ujarnya.

Michael berteori bahwa ketika tertawa, dalam tubuh manusia terjadi pelepasan endorphin, hormon yang diyakini bisa membantu memperbaiki kondisi pembuluh darah. Pelepasan hormon ini dalam jumlah banyak juga terjadi setelah seseorang melakukan olah raga. Kemungkinan lain, tertawa akan merangsang pelepasan nitrat oksida, yaitu gas yang mampu merelaksasi endothelium (salah satu bagian dari pembuluh darah). Meski dibutuhkan penelitian lanjutan yang lebih mendalam untuk memastikan hal ini. Tapi tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda melakukan terapi pada diri sendiri dengan menggunakan tertawa sebagai obatnya.

Sumber: Conectique.com

Tidak ada komentar: