ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Kamis, 01 Juli 2010

Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh Kita

Air merupakan mineral yang sangat vital bagi tubuh manusia. Seluruh bagian tubuh manusia selalu membutuhkan air dalam segala aktivitasnya. Bila kandungan air dalam masing-masing organ kekurangan, fungsinya akan menurun. Selain lebih mudah terpapar oleh bakteri dan virus, kita juga rentan terkena stres. Berbagai literatur menunjukkan, kekurangan cairan tubuh setengah liter saja dari kebutuhan air setiap hari (2 liter) bisa meningkatkan kadar kortisol, salah satu hormon stres. Fungsi kortisol adalah melepas glukosa ke dalam peredaran darah sebagai energi.

Apa saja fungsi air bagi tubuh? Berikut 10 fungsi penting air menurut dr.Tan Shot, Yen, M.Hum, medical doctor dan penulis buku.

* Air mencegah kerusakan DNA dan membuat perbaikannya lebih efisien.
* Air meningkatkan efisiensi sistem kekebalan di sumsum tulang, termasuk menghadapi kanker.
* Air adalah pelarut utama semua makanan, vitamin, dan mineral; dipergunakan untuk memecah bahan-bahan tersebut dan metabolismenya serta asimilasinya.
* Air memberikan energi kepada makanan, sehingga partikel makanan dapat menyediakan energi selama proses pencernaan.
* Air dipergunakan sebagai penghantar semua zat dalam tubuh.
* Air meningkatkan efisiensi sel darah merah menangkap oksigen di paru-paru.
* Air membersihkan buangan racun dari berbagai bagian tubuh dan membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.
* Air adalah pelumas utama di sel sendi dan membantu mencegah rematik dan sakit pinggang.
* Air penting untuk sistem pendinginan tubuh (melalui keringat) dan pemanasan tubuh (elektrikal).
* Air membantu menurunkan stres, kegelisahan, dan depresi.

Hormon kortisol bersama dengan hormon-hormon stres yang lain bisa mengganggu beberapa fungsi tubuh. Bila hanya terjadi sekali-kali, mungkin tak perlu dikhawatirkan. Namun, bila Anda sering dehidrasi, tentu saja fungsi imunitas tubuh bisa terkena imbasnya.

Namun, bukan berarti minum bergelas-gelas air akan secara ajaib menghilangkan berbagai tekanan hidup, mulai dari soal uang hingga hubungan dengan pasangan. Tapi, bila selama ini stres sudah menjadi “makanan” sehari-hari, paling tidak Anda tak akan mendapat tambahan stres akibat faktor dehidrasi. “Disadari atau tidak, kita menjadi mudah dehidrasi saat sedang berada di bawah tekanan atau stres. Ini terjadi karena detak jantung menjadi cepat dan napas menjadi berat sehingga Anda kehilangan cairan,” kata Renee Melton, MS, RD, Direktur Nutrition Sensei, sebuah program penurunan berat badan.
Ditambah lagi, saat tubuh dan pikiran sedang menghadapi sesuatu yang menimbulkan stres, biasanya kita tak akan ingat untuk minum cukup air. Padahal, air sangat membantu konsentrasi kita.
“Stres bisa menyebabkan gejala-gejala yang sama seperti saat kita dehidrasi, yakni detak jantung meningkat, mual, lelah, dan sakit kepala,” kata Trent Nessler, Direktur Baptist Sport Medicine, Amerika Serikat. Jika dehidrasi semakin tinggi, hal itu dapat memicu penurunan kesadaran sampai kerusakan otak karena otak adalah organ yang paling sensitif terhadap kekurangan air.

Air mempunyai peranan yang penting dalam tubuh, yakni sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh, serta penyedia mineral dan elektrolit bagi tubuh. Rasa haus merupakan petunjuk bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi ringan. Dengan minum secara teratur, dehidrasi dapat dicegah sehingga kondisi kesehatan tubuh akan lebih baik. Dengan demikian, akan dicapai kemampuan fisik dan mental yang lebih baik. Air putih ternyata tak hanya untuk memenuhi rasa haus tubuh. Cairan bening yang kita minum setiap hari ini memiliki manfaat terhadap kesehatan dan kebugaran. Berikut beberapa kelebihan air minum bagi kesehatan.

Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih terjadi pada saluran keluar kandung kencing (uretra), disebut sebagai uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih dan ginjal. Di kalangan awam, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan penyakit anyang-ayangan. Health Marketing Director PT Aqua Golden Missippi (Aqua Danone) dr Regina Karim menyatakan penderita anyang-anyangan merupakan gejala awal terjadinya infeksi saluran kemih. Penderita tidak dapat berkemih (buang air kecil) walaupun merasa ingin. Infeksi penyakit biasanya akibat bakteri maupun virus. Adanya perbedaan anatomi organ kandung kemih antara pria dan wanita, sebagian besar penderitanya kaum wanita. “Cara mengobatinya infeksi kandung kemih dengan antibiotik dan memperbanyak minum air putih,” katanya pada temu media di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2010.

Agar terhindar dari anyang-anyangan, dr Regina menyarankan agar sering minum air putih. Sebab air putih akan membersihkan tubuh. Selain itu, jika merasa akan berkemih, jangan menunda dan segera keluarkan. “Berkemih (buang air kecil) secara teratur saat dirasakan kemih telah penuh menurunkan resiko terkena terjadinya infeksi saluran kandung kemih,” ungkap Regina. Meskipun sebagian besar penderita kandung kemih dari jenis kelamin wanita, penyakit ini dapat diderita segala usia, anak-anak maupun orang dewasa.

Membantu Diet Penderita Obesitas

Jika mengalami kelebihan berat badan, ada baiknya mencoba memperbanyak minum air. Dr Regina mengungkapkan, minum air putih satu jam sebelum makan mampu mengurangi porsi makanan. Minum segelas air putih juga mengurangi hasrat makan cemilan berlebihan. “Minum air putih mempercepat metabolisme dan mencegah pembentukan lemak dalam tubuh,” ujar Regina. Aqua Danone bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Regina menuturkan, sedang melakukan sebuah riset mengenai pengaruh air minum untuk mengatasi masalah kegemukan (obesitas) pada anak.

Referensi: http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=20318

Tidak ada komentar: