ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Quotation

Kamis, 29 April 2010

PENGARUH SEBUAH MIMPI



OLEH AGUSTO D’SANTHO

Setiap orang sewaktu kecil pasti memiliki cita-cita yang hebat. Ada yang mau jadi presiden, ada yang mau jadi dokter, ada mau jadi tentara, pilot dll. Cita-cita anak kecil adalah ekspresi polos manusia tanpa melihat apakah dia bisa mewujudkannya. Cita-cita anak kecil bagaikan mimpi besar yang kelihatan mustahil. Mengapa tidak semua cita-cita mereka terwujud dalam hidup mereka???


Sewaktu kecil dulu saya sering ditanya oleh orang-orang di sekeliling saya, apa cita-cita kamu. Waktu itu saya bingung menjawabnya karena saya hidup di desa yang terpencil dan jauh dari peradaban. Tetapi karena saya memiliki hobi membaca sejak kecil maka saya melihat beberapa profil tentang tokoh yang di depannya namanya ada embel-embel Ir (insinyur). Saya berpikr rasanya enaknya ya jadi insinyur. Maka sejak duduk di bangku SD saya selalu bercita-cita sebagai insinyur pertanian.Mengapa saya memilih sebagai insinyur pertanian karena saya hidup di tengah-tengah masyarakat yang bermata pencaharian bertani. Walaupun sebenarnya cita-cita saya ini tidak masuk masuk akal, karena keluarga saya pasti tidak mampu membiayai perkuliahan saya. Saya sering mendengar perkataan kamu ini mimpi di siang bolong atau seperti pungguk merindukan bulan.

Dalam hidup saya cita-cita waktu kecil sayalah yang menuntun memperoleh gelar kesarjanaan saya, dan saya menjadi orang pertama dalam keluarga saya yang mencapai level ini, walaupun memang tidak sesuai dengan cita-cita saya sebagai insinyur pertanian. Dalam mewujudkan mimpi saya banyak tantangan yang harus saya hadapi. Begitu masuk kuliah saya harus berhadapan dengan masalah keuangan, caci maki dari sekitar saya.

Banyak hal-hal besar muncul karena adanya mimpi yang besar. Mimpi yang besar akan berdampak pada hal yang besar dan mimpi yang kecil cenderung tidak memiliki dampak dalam kehidupan nyata.



Kita akan belihat beberapa contoh tentang dampak besar dari sebuah mimpi.

1. Pesawat terbang diciptakan karena Wright bersaudara (Wright brothers) yang bermimpi bahwa manusia bisa terbang meski tidak memiliki sayap. Meskipun pada masa mereka di bilang orang gila, tapi karena mimpi besarnya itu kini manusa benar-benar bisa terbang.
2. Dalam dunia asuransi di Indonesia ada seorang tokoh yang bernama Denny Oetama Hartono. Pada awalnya dia dalah seorang yang meiliki penghasilan pasa-pasan, namun karena mimpi besarnya kini dia menghasilkan banyak agency dan memiliki pendapatan lebih dari 1 milyar perbulan.
3. Kita saat ini juga melihat gemerlapnya kota Dubai di Uni Emirat Arab. Sepuluh tahun yang lalu kota ini masih berupa kota yang berada di padang gurun dan tidak terkenal. Tetapi karena mimpi besar para petinggi kota ini, Dubai telah menjelma menjadi kota yang gemerlap dan memiliki gedung tertinggi di dunia saat ini. Masih banyak contoh yang dapat kita lihat dalam kehidupan sekitar kita bagaimana mmpi dapat mengubah sesorang atapun perkara yang mustahil menjadi kenyataan.
4. Setiap orang pasti mengenal presiden Amerika Serikat saat ini, Barack Obama, yang lahir dari kalangan minoritas. Di besarkan ditempat yang jauh dari negerinya, namun berkat mimpinya sewaktu kecil yang ingim jadi presiden ditambah dengan usahanya yang pantang menyerah, meskipun kelihat mustahil.


Memiliki mimpi besar adalah hal yang baik, namun perlu adanya tindakan nyata untuk melaksanakan. Mimpi besar tanpa ada tindakan nyata tidak akan memiliki dampak apapun, namun bila mimpi besar itu dijalani meskipun berjalan dengan tertatih-tatih, berdarah-darah, ataupun dengan menahan cucuran air mata, pasti akan ada hasilnya. Seperti ungkapan lama yang mengatakan gantunglah cita-citamu setingi langit. Ungkapan ini mengandung arti meletakkan cita-cita setinggi mungkin, kalaupun tidak sampai pasti tidak akan jauh dari apa yangt kita impikan. Jadi jangan takut bermimpi besar dan jangan takut mewujudkannya. Arti kata saya akan mengutip sebuah kalimat dalam buku The Alchemist karya Paulo Coelho “raihlah mimpimu dengan sekuatmu maka alam semesta akan membantumu mencapainya.”

Tidak ada komentar: