ALOHA

Blog ini merupakan coretan dari berbagai permasalahan baik tentang iman, pandangan hidup, kumpulan bahan perkuliahan, masalah kesehatan dan masalah-masalah lain dalam kehidupan manusia. Blog ini hanyalah sebuah media untuk sharing tentang berbagai hal.


“Sometimes the questions are complicated and the answers are simple.”(Dr. Seuss)

Kamis, 23 April 2015

Jam Biologis

Lama tak aktif diblog ini, karena berbagai alasan. Akhirnya pada kesempatan ini saya mau mencoba share tentang jam biologis tubuh manusia yang sangat penting untuk kita ketahui. Pengetahuan tentang jam biologis ini tentunya dapat membuat kita lebih aware terhadap kesehatan kita, karena seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Setiap organ yang terdapat dalam tubuh kita memiliki jam kerja dan pada jam tersebut organ tersebut berkerja aktif dan maksimal sesuai fungsinya. Nah sahabat Rumah Salam berikut ini adalah jam kerja biologis organ tubuh manusia Menurut Prof. Dr. Soeharsoyo, SpAk.




Jam Kerja Biologis Dalam Organ Tubuh



  •  LAMBUNG : Pada jam 07.00 - 09.00 daya kerja lambung sedang ada dalam kondisi kuat, pada jam ini kita di anjurkan untuk sarapan yang bergizi tinggi. Agar tubuh kita memiliki cadangan energi yang lebih banyak untuk beraktifitas pada siang hari.
  • JANTUNG Pada jam 11.00 – 13.00 pada jam ini sebaiknya kita menghindari panas yang berlebihan dan hindari juga kegiatan yang mengolah fisik, terutama bagian yang ada keluhan di pembuluh darah.
  • HATI/LIVER Jam 13.00 – 15.00 adalah waktu dimana kondisi liver sedang dalam keadaan lemah, maka di anjurkan kita beristirahat pada jam ini. Karena dengan beristirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel-sel hati.
  • PARU-PARU Jam 15.00 – 17.00 kondisi paru-paru kita sedang lemah, di anjurkan agar kita tidak terlalu memporsir tubuh. Bernapaslah secara perlahan dan teratur untuk mengembalikan energi paru – paru.
  • GINJAL Pada jam 17.00 – 19.00 adalah waktu dimana kerja ginjal dalam kondisi kuat. Pada jam ini terjadi proses pembentukan tulang dan sel- sel otak. Ini adalah saat terbaik untuk belajar dan mempelajari sesuatu.
  • LAMBUNG : Jam 19.00 – 21.00 lambung kita sedang melemah. Di usahakna jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit di cerna oleh pencernaan kita. Atau sebaiknya kita berhenti makan. Ini akan berdampak baik bagi organ pencernaan.
  • LIMPA : Jam 21.00 – 23.00 pada jam ini kerja limpa dalam kondisi lemah, terjadi proses pembuangan racun tubuh dan terjadi regenerasi sel limpa. Jika pada jam ini terlihat wajah kita pucat, artinya limpa kita mengalami gangguan.
  •  JANTUNG : Jam 23.00 – 01.00 pada jam ini jantung kita dalam kondisi lemah. Sebaiknya segera tidur dan bersitirahat dengan nyaman untuk pemulihan energi tubuh.
  • HATI/LIVER : Jam 01.00 – 03.00 liver dalam kondisi kuat, pada jam ini terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Saat itu terjadi regenerasi sel baru.
  • PARU-PARU : Jam 02.30 – 04.30 kerja paru-paru kita dalam kondisi kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru- paru. Bila pau-paru kita kotor, Biasanya akan terjadi batuk, bersin dan berkeringat. Inilah jam terbaik untuk shalat malam karena saat sujud pada waktu inilah terjadi proses mengalirnya darah ke otak yang kaya akan oksigen. Darah yang penuh oksigen ini tidak bisa di alirkan pada waktu siang hari.
  • USUS BESAR : Jam 05.00 – 07.00 kerja usus besar kita dalam kondisi kuat, di anjurkan agar membiasakan diri B.A.B (buang air besar) di jam ini agar kotoran, racun, dan sisa sistem pencernaan dapat di keluarkan semuanya.


Semoga info ini bermanfaat, sehat itu penting maka hendaknya kita menjaga kesehatan kita. Agar tetap sehat, Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mengenali jam kerja biologis organ penting dalam tubuh kita.
Sumber : Viva.co.id